• BATU PERMATA DG HARGA DIBAWAH 1 JUTA BISA ANDA DAPATKAN DI SINI ! MURAH TAPI BUKAN MURAHAN !

  • DIJAMIN BARANG PILIHAN DAN DIBAWAH HARGA PASARAN ! JIKA MINAT…LUANGKAN WAKTU BUAT BANDING2 KAN DULU….. !!

  • JIKA SUDAH YAKIN DAN MANTAP, SEGERA KONTAK KAMI…..!

BATU PERMATA GARNET

Garnet – Batu permata yang satu ini sering disebut dengan batu biduri delima. Nama tersebut diambil dari Bahasa Latin, yaitu Granatium. Mempunyai arti seperti biji buah delima. Hal ini terjadi karena batu tersebut mempunyai warna yang indah, salah satunya yaitu merah tua layaknya delima. Dan ada pula warna lainnya, diantaranya adalah orange, hijau, emas, coklat hingga pink dan keunguan. Banyaknya warna yang tersedia dari batu jenis ini membuatnya sangat sering digunakan sebagai liontin atau permata untuk berbagai macam perhiasan, mulai dari kalung, anting, cincin dan juga gelang.

Asal Mula Dan Jenisnya

Batu Garnet awalnya temukan di sebuah taman nasional yang berada di perbatasan Negara Kenya dan Tanzania. Meski begitu, ternyata batu jenis ini sudah cukup banyak ditemukan di berbagai wilayah di dunia dengan berbagai jenis yang berbeda-beda. Jenis dari batu mulia tersebut diantaranya adalah Grosular, Tsavorite, Almandine, Pyrope dan juga Andradite. Masing-masing memiliki perbedaan namun masih termasuk jenis batu biduri demila. Ciri-ciri mayoritas batu tersebut bisa terlihat dari lekukan yang nampak serat seperti ekor kuda.

Nilai Keras Skala Mohs

Batu Garnet mempunyai nilai keras antara 6,5 hingga 7,5 skala Mohs sehingga dianggap sebagai salah satu batu yang tidak terlalu keras tetapi juga tidak termasuk batu yang rapuh. Itulah sebabnya dibutuhkan perawatan ekstra agar batu tetap utuh dan tidak mudah rusak atau pecah. Agar selalu tampak cemerlang, anda bisa merawat batu permata yang satu ini dengan cara menyikatnya perlahan secara rutin menggunakan air sabun kemudian bilas. Karena batu ini tidak terlalu keras, anda disarankan tidak mengandalkan steam cleaning untuk membersihkannya.

Kegunaan Dan Mitos

Batu Garnet merupakan batu mulia yang sangat dicari karena dikenal mampu digunakan sebagai jimat pelindung. Dengan begitu, ancaman kejahatan, ilmu hitam maupun bencana alam dipercaya akan dapat dihindari oleh orang-orang yang mengenakannya. Jika bahaya mendekat, batu akan berubah warna sebagai tanda peringatan. Bahkan beberapa mitos menyatakan bahwa batu ini dapat berguna sebagai media penyembuh depresi dan stress karena membawa ketentraman dan ketenangan hati maupun pikiran sang pemilik. Berdasarkan kegunaan tersebut, tidak salah jika batu ini merupakan salah satu yang paling dicari dan banyak digunakan masyarakat.

 

Sumber Negara Penghasilnya

Jika beberapa batu mulia hanya ditemukan di wilayah tertentu saja, lain halnya dengan Garnet karena batu yang satu ini bisa ditemukan hampir seluruh daerah di dunia. Mulai dari benua Asia, Australia, Eropa, Afrika hingga Amerika. Negara-negara yang paling banyak memproduksi dan mengenakannya adalah Negara Timur Tengah dan juga Asia Tenggara. Di Indonesia, batu tersebut sering disebut dengan beberapa nama panggilan yaitu nilam anggur, mirah anggur ataupun biduri anggur.

 

tsavorite garnet4

0 comments(S)
admin, | Posted in Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*